IBX5980432E7F390 Pengertian Tanah, Jenis Tanah Dan Persebaran Tanah di Indonesia - F-Berbagi

Pengertian Tanah, Jenis Tanah Dan Persebaran Tanah di Indonesia

Pengertian Tanah, Jenis Tanah Dan Persebaran Tanah di Indonesia - Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang pengertian tanah, jenis dan persebaran tanah di indonesia.

Pengertian tanah 

 

Tanah merupakan batuan yang sudah lapuk bercampur dengan sisa makhluk hidup, air dan udara. Tanah merupakan lapisan bagian atas bumi tempat tumbuhnya tanaman.

Pengertian Tanah, Jenis Tanah Dan Persebaran Tanah di Indonesia
Jenis tanah dan persebaran tanah di indonesia

Jenis dan Persebaran tanah di indonesia


Beberapa jenis tanah yang ada di indonesia antara lain
  1. Tanah organik (gambut) disebut juga tanah organosol atau histosol, tanah jenis ini banyak terdapat di sumatra, kalimantan dan papua, penggunaan tanah ini biasa digunakan untuk perkebunan
  2. Grumusol, tanah yang bersal dari batuan induk batu kapur dan tuffa vulkanik, kandungan organiknya rendah. jenis tanah ini terdapat di jawa bagian timur, madura, nusa tenggara dan maluku. cocok untuk palawija dan perkebunan
  3. Latosol tersebar luas di indonesia, tanah ini terbentuk dari batuan beku, sendimen dan metamorf, jenis tanah ini biasa di gunakan untuk persawahan dan lahan kering, tergantung pada tersediaan airnya. cocok untuk padi, palawija, dan perkebunan.
  4. Andosol kebanyakan terdapat disumatra dan jawa, yaitu daerah vulkanik aktif, yaitu pada lereng vulkan atas dengan bahan abul vulkanik dan tuff. penggunaan lahan untuk perkebunan dan pertanian sayuran.
  5. Aluvial, berasal dari endapan lumpur halus cocok untuk padi, palawija, dan perkebunan. tanah alluvial tergantung asal endapannya, vulkanik atau batu gamping
  6. Podsol, tekstur tanah berupa pasir, kandungan bahan organik sedang. tanah podsol banyak di jumpai di sepanjang sungai-sungai besar sumatra, kalimantan, dan irian.

Demikianlah arti tanah dan jenis tanah serta persebarannya di indonesia semoga bermanfaat.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Pengertian Tanah, Jenis Tanah Dan Persebaran Tanah di Indonesia"

Posting Komentar